FUNGSI SETIAP KAKI ATAU PIN SENSOR REMOTE

Adakalanya kita menemukan bentuk sensor yang beda kontruksi dengan yang sudah biasa kita ketahui fungsi pin atau kaki-kakinya. Untuk dapat memastikan fungsi setiap kaki sensor remote ada cara yang sederhana dengan multimeter. Saklar jangkah pada posisi X 10.

Berdasarkan gambar di atas kita lakukan tiga langkah dalam pengukuran diantaranya sebagai berikut:
1. Menentukan kaki VCCnya atau yang akan diberi tegangan 5 Volt
  • Tempelkan kabel/probe multimeter yang hitam atau (-) di kaki sensor yang GND
  • Sedangkan kabel merah atau (+) di kaki sensor yang VS atau OUT. Jika pengukuran antara kaki VS dan GND, jarum multimeter dapat bergerak maka dapat disimpulkan bahwa kaki VS adalah VCCnya.
  • Untuk memastikan bahwa kaki VCCnya sudah benar dapat anda lakukan dengan menempelkan probe merah (+) dengan kaki sensor yang VS dan probe (-) untuk kaki sensor yang OUT, maka jarum multimeter akan bergerak.
2. Menentukan kaki yang fungsinya untuk ground
  • Tempelkan kabel/probe multimeter yang hitam atau (-) di kaki sensor yang GND.
  • Sedangkan kabel merah atau (+) di kaki sensor yang VS atau OUT. Jika pengukuran dengan kaki sensor yang VS. Jarum multimeter dapat bergerak maka kaki sensor tersebut adalah groundnya.
  • Untuk memastikan bahwa kaki GNDnya sudah benar dapat anda lakukan dengan menempelkan probe merah (+) dengan kaki sensor yang OUT dan probe (-) untuk kaki sensor yang GND. maka jarum multimeter akan bergerak juga
3. Menetukan kaki IRnya atau output dari sensor yang diberikan pada IC Micom atau IC program.
Setelah langkah 1 dan 2 ditempuh maka kita dapat memastikan bahwa kaki sensor yang terakhir adalah fungsinya untuk IR atau menerima data yaitu namanya OUT

sumber:kursusservicetv.wordpress

Komentar

Postingan populer dari blog ini

gambar tv crt bergaris garis

Purity adjustment (beam landing)

Kerusakan TV Polytron/Digitec