gambar tv crt bergaris garis

Kali ini Cara Memperbaiki TV CRT Gambar Bergaris-garis Seluruh Layar, seperti nampak Pada Gambar di Bawah ini


Nah Kebetulan yang saya jadikan contoh merek LG dengan Chassis MC 994a dengan kerusakan Susah Hidup mesti di pencet Power berulang2 bisa sampai 30 menit.

Setelah memperbaiki bagian yg membuat susah hidup normal, saya juga mengganti beberapa Elco besar yang agak menggelembung, termasuk elco di Vertical yng pada LG di pakai 35v2200uf.
Setelah penggntian semua komponen yang agak rusak, saya tes nyalah.. ternyata Gambar Bergaris-garis Ful seluruh Layar, seperti Gambar diatas.
Setelah di obok2 kembali, dengan berdasar info yg punya tv, gambar bagus kalo sudah hidup, saya periksa kembali elco2 yang sudah saya ganti..
eee ternyata Elco di Vertical saya pasang short kaki negatif ke GND, sebelumnya saya pikir memang nyambung, lantaran jalur sudah kabur lantaran kena air bocoran Elco
contoh seperti yang saya lingkari Kuning.
tV POLYTRON LAYAR PUTIH BERGARIS-GARIS
Servisan kali ini adalah televisi merk POLITRON 14inchi dengan keluhan tampilan dilayar warna gambar terlihat tipis dan layar terang bergaris garis agak diagonal.
Setelah mengetahui gejala kerusakan dari servisan tv kali ini, maka casing televisi saya buka dan kecurigaan saya tertuju pada elco yang buat tegangan 160volt yang mensuplay catu daya transistor-transistor warna diblog matrix/ blog RGB.
Saya lihat secara fisik elco 10uf250v sebenarnya baik-baik saja, namun tetap saya coba ganti dengan elco yang baru.
Setelah pengantian elco tersebut pesawat televisi saya coba nyalakan untuk melihat gimana hasilnya, dan teryata tampilan dilayar telah normal. tampilan gambar telah terlihat dengan jelas dan tidak buram lagi
Elco yang rusak tadi saya potong ,walau secara fisik elco tersebut terlihat masih baik- baik saja namun ternyata cairan elektrolitnya telah kering. 
kesimpulan : penyebab Tampilan Layar Putih Bergaris-garis dan warna gambar terlihat tipis yaitu elco 10uf/250v buat teg 160v yg mensupply transistor2 di blok RGB rusak walau terlihat masih baik
Gambar ada garis-garis putih tipis dan lagi warnanya keluar dari gambarnya
Semalam aku terima tv kerusakannya ada gambar tapi ada garis-garis putih tipis dan lagi warnanya keluar dari gambarnya misalnya muka orang ada bayangan warna .
Aku buka tutup belakangnya, cek tegangan bagus , lantas aku cek tegangan di RGB rupanya ada kelainan , padahal aku sudah kecilkan screen di FBT masih juga ada garis-garis seperti buku .
Aku perhatikan elco yang menuju ke RGB kelihatan nya udah kering malah pembungkusnya udah terkelupas . langsung aja aku coba cabut ternyata memang udah melembung , aku ganti langsung elconya 22 uf / 160 volt . langsung aja tokcer…..
kesimpulan : penyebab problem seperti ini yaitu elco 22uf/160v yg menuju ke RGB rusak


sumber:


Komentar

  1. klu elko 160v 22uf mh bkn untk menyuplay RGB kang.tpi buat mensuplay playbek.klu yg RGB mh tegangan nya 180v.biasa pkai elko nya 250v 10/22uf.teganganya d bwah kpasitas elko.dengan kisaran tgangan 180v

    BalasHapus
  2. Tegangan RGB memang 180v, jadi minimal elkonya 250v-300v. Kalau elko 160v apa tidak meledak dilewati tegangan 180v? Mohon koreksi.....

    BalasHapus
  3. Hoo betul komen rekan2 ndan

    BalasHapus
  4. Mohon info dong para mekaniktro,.
    Saya dapat kendala di tv cina merek ichiko 21inc,
    Kendala nya gamabar atas hampir setengah nya hitam, ak dah cek dan ganti ic vertikal dana elco 10/250uf nya, tapi gambar masih seperti itu,??
    Mohon info nya gan,.??? Tankz.!!

    BalasHapus
  5. Mohon info dong para mekaniktro,.
    Saya dapat kendala di tv cina merek ichiko 21inc,
    Kendala nya gamabar atas hampir setengah nya hitam, ak dah cek dan ganti ic vertikal dana elco 10/250uf nya, tapi gambar masih seperti itu,??
    Mohon info nya gan,.??? Tankz.!!

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. coba agan ganti elco 35v/100mf dkt ic vertical ny, klu gk ad perubahan, dkt ic choroma biasanya ada elco 50v/2.2mf jalur ny yg berhubungan dgn blok vertical...
    coba ganti juga gan.

    BalasHapus
  8. nilai elco vertical ny gk keliru tu gan (10/250uf), biasa ny klu vertical t 25v/1000uf atw 25v/2200uf...

    BalasHapus
  9. Tolong infonya TV LG saya dirumah seluruh layarnya bergaris garis kalau kelamaan suaranya ikut hilang ...?apa penyebab rusaknya TV LG saya itu...?

    BalasHapus
  10. Tolong infonya TV LG saya dirumah seluruh layarnya bergaris garis kalau kelamaan suaranya ikut hilang ...?apa penyebab rusaknya TV LG saya itu...?

    BalasHapus
  11. Tv polytron sya gambarnya bergair seluruh layar gambarpun tdak karuan,panjang kebawah,udah d ganti semua yg bersangkutan dgn bagian vertical tpi tetap tdk ad perubahan,,tlong ya d bantu sarannya!!

    BalasHapus
  12. Tolong bantuanya para senior,tv shap sy standbay da jedio2 trs tdk bisa staft, smua dioda protek udh di ganti, ttp tdk busa start

    BalasHapus
  13. Tolong bantuanya para senior,tv shap sy standbay dan lednya kedip2 trs tdk bisa staft, smua dioda protek udh di ganti, ttp tdk busa start

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Purity adjustment (beam landing)

Kerusakan TV Polytron/Digitec